Senin, 18 Juni 2012

Tri Dharma Perguruan Tinggi

   
Hakekat pembangunan nasional seperti yang tertera dalam Garis - Garis Besar Haluan Negara (GBHN) adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Dengan demikian pembentukan masyarakat Indonesia yang modern menjadi tujuan utama dari pembangunan nasional kita. Pembentukan masyarakat modern menyangkut perubahan-perubahan nilai dan sikap yang bersendikan nilai-nilai pancasila.

Ciri-ciri manusia antara lain adalah lebih mudah menerima dan menyesuaikan diri kepada perubahan-perubahan, ahli dalam menyatakan pendapat, memiliki rasa tanggung jawab, berorientasi ke masa depan, mempunyai kesadaran mengenai waktu, organisasi, teknologi dan ilmu pengetahuan.

Dalam proses pembentukan manusia modern, salah satu unsur pokok yang mempunyai peranan penting adalah perguruan tinggi sebagai jenjang tertinggi dalam sistem pendidikan formal dinegara kita, yang hendaknya dapat menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai lembaga yang melaksanakan pendidikan tinggi, perguruan tinggi mempunyai tiga fungsi sebagai berikut :
1.
PENDIDIKAN
2.
PENELITIAN
3.
PENGABDIAN PADA MASYARAKAT


Ketiga fungsi tersebut lebih dikenal sebagai TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar